Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

TATA CARA PENGIRIMAN NASKAH

Naskah yang dikirim haruslah naskah asli dan harus jelas tujuan, bahan yang dipergunakan, maupun metode yang diterapkan dan belum pernah dipublikasikan atau dikirimkan untuk dipublikasikan di mana saja. Naskah manuskrip diketik dengan program MS-Word dengan jumlah halaman maksimum 20 halaman termasuk gambar dan tabel. Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 dengan menggunakan jenis huruf Arial dengan ukuran font 11 pt berjarak 1 spasi (kecuali judul artikel, nama penulis dan judul abstrak) dalam format satu kolom. Naskah dapat dikirim melalui Open Journal System (OJS) ke http://bbp4bkp.litbang.kkp.go.id/jurnal-jpbkp/index.php/index. Tim Redaksi berhak menolak naskah yang dianggap tidak layak untuk diterbitkan.

 

PENYIAPAN NASKAH/PREPARATION OF MANUSCRIPT:

JUDUL

Judul naskah harus singkat dan informatif. Naskah hendaknya tidak lebih dari 15 kata dan harus mencerminkan isi naskah.

PENULIS

Nama penulis dicantumkan di bawah judul, diikuti oleh penulis afiliasi dan alamat instansi. Alamat email penulis ditulis sebagai catatan kaki di bawah halaman pertama.

ABSTRAK

Abstrak merupakan ringkasan secara menyeluruh dari naskah. Kalimat pertama dan kedua dalam abstrak merupakan latar belakang. Latar belakang dapat berupa potensi, kepentingan, maupun hal lainnya dari subjek utama yang terdapat dalam judul. Kalimat ketiga adalah permasalahan yang menyebabkan riset yang dilaporkan dalam naskah ilmiah ini dilaksanakan. Kalimat keempat adalah tujuan dilaksanakannya penelitian dalam naskah ini. Selanjutnya adalah deskripsi secara singkat mengenai metodologi dan hasil dari penelitian. Setelah itu, jabarkan secara singkat mengenai output dan outcome dari hasil riset yang dilakukan dalam menjawab permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya.  Anda dapat menggunakan dokumen ini baik sebagai petunjuk penulisan dan sebagai template untuk mengetik teks naskah publikasi. Panjang abstrak tidak boleh lebih dari 250 kata, disajikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

KATA KUNCI

Kata kunci (3-5 kata) yang harus disediakan untuk mengindeks dan abstrak, dipilih dengan mengacu pada Agrovocs.

PENDAHULUAN

Pendahuluan terdiri dari beberapa paragraf, secara minimum terdiri dari 3 paragraf. Paragraf pertama memuat latar belakang yang dilengkapi dengan pustaka dan harus tidak terlampau umum. Subjek utama yang terdapat dalam judul dapat menjadi fokus utama yang dijabarkan dalam paragraf pertama ini. Paragraf selanjutnya dapat menjelaskan permasalahan yang dihadapi untuk mencapai konteks dari subjek utama yang dipaparkan di paragraf sebelumnya. Penjabaran dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi harus terfokus, yang menyebabkan pentingnya dilakukan riset yang akan dilaporkan dalam naskah. Paragraf terakhir memuat tujuan dilaksanakannya penelitian yang dilaporkan dalam naskah ini. Selain itu, secara ringkas juga dapat dijelaskan alasan penggunaan metode/teknik (jika naskah ini menjelaskan suatu teknik yang berbeda) yang telah dilakukan, alasan pemilihan lokasi penelitian, dan hal lainnya yang mendasari seputar pelaksanaan penelitian yang dilaporkan. Pada bagian ini jangan menggunakan sub bab.

BAHAN DAN METODE

Bagian ini berisi bahan subjek utama dari sampel yang diteliti, lokasi tempat pengambilannya, kuantitas sampel yang diambil, jumlah ulangan dari sampel yang diambil di lapangan (baik secara kuantitas, spasial, atau temporal), serta juga teknik preparasi di lapangan hingga di bawa ke tempat analisis di laboratorium. Sementara itu, metode yang secara umum telah diketahui atau telah dipublikasikan cukup hanya mencantumkan sumber atau referensi. Jika metode proses dan analisa yang khusus (modifikasi) atau baru, prosedur kerjanya dicantumkan secara detail. Penjabaran metodelogi harus secara jelas dan ringkas menguraikan penelitian dengan rincian secukupnya sehingga memungkinkan peneliti lain untuk mengulangi percobaan yang terkait.

HASIL DAN BAHASAN

Hasil penelitian hendaknya dituliskan secara jelas dan padat. Untuk data yang sama tidak boleh disajikan sekaligus dalam tabel dan gambar. Paragraf awal dapat berisikan narasi mengenai kondisi penelitian secara umum/pengamatan visual secara umum dan hal lainnya, sebagai pengantar ke bagian pokok hasil dan pembahasan. Hindari kalimat textbook seperti klorofil adalah….. instrumentasi LCMS merupakan alat untuk …. Bila penelitian yang akan dilaporkan memiliki beberapa sub analisis, jabarkan secara berurutan dari hasil yang pertama didapatkan hingga yang terakhir. jika terdapat beberapa hasil penelitian yang sifat setara (sebagai contoh, hasil analisis kualitas air dengan beberapa variabel seperti DO, pH, dan lainnya), gabungkan beberapa grafik tersebut dengan notasi a, b, c, dan seterusnya, yang dijelaskan dalam judul gambar. Pisahkan antara paragraf hasil dan pembahasan. Cara membedakannya kedua bagian ini adalah pada paragraf hasil tidak memiliki referensi pustaka itu, sementara paragraf pembahasan merupakan gabungan antara pustaka dan argumentasi penulis yang membandingkan antara pustaka dan datanya. Paragraf terakhir atau sub bab pembahasan terakhir adalah implikasi dari gabungan keseluruhan hasil analisis untuk menjawab permasalahan yang dipaparkan di bagian pendahuluan. Kombinasikan dengan referensi agar didapatkan solusi atau usulan solusi dari permasalahan tersebut. Pada bagian ini penulisan pustaka dalam teks mengikuti format APA style.

KESIMPULAN

Disajikan secara ringkas hasil penelitian dalam menjawab permasalahan yang dikemukakan sebelumnya, serta outcome atau saran yang dapat dilakukan berdasarkan hasil penelitian. Bentuk dari kesimpulan ini adalah kalimat dalam paragraf.

DAFTAR PUSTAKA

Disusun berdasarkan gaya referensi APA (American Psychologycal Association). Disarankan menggunakan aplikasi Mendeley. Sebagai contoh adalah:

Heinen, J.M., D’Abramo, L.R., Robinette, H.R., & Murphy, M.J. (1989). Polyculture of two sizes of freshwater prawns (Macrobrachium rosenbergii) with fingerling channel catfish (Getalurus punctatus). J. World Aquaculture Soc., 20(3), 72–75.

Collins, A. (1977). Process in acquiring knowledge. In Anderson, R.C., Spiro, R.J., and Montaque, W.E. (eds.). Schooling and the acquisition of knowledge (pp. 339–363). Lawrence Erlbaum, Hillsdale, New Jersey.

Bose, A.N., Ghosh, S.N., Yang, C.T., & Mitra, A. (1991). Coastal aquaculture engineering. Oxford & IBH Pub. Co. Prt. Ltd., New Delhi.

Simpson, B.K. (1984). Isolation, characterization and some application of trypsin from Greenland Cod (Gadus morhua). PhD Thesis. Memorial University of New Foundland, St. John’s, New Foundland, Canada.

Bimbo, A.P. (2003). Alaska seafood by product: Potential product and markets and competing products. Report for the Juneau Economic Development Council. Retrieved from http://www.jedc.org.salmon/index.html.

FORMAT ARTIKEL

Format artikel dapat diunduh disini

TABEL

Disajikan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, dengan judul di bagian atas tabel dan keterangan. Data dalam tabel diketik menggunakan program MS-Excel.

GAMBAR

Skema, diagram alir, dan potret diberi nomor urut dengan angka Arab. Judul dan keterangan gambar diletakkan di bawah gambar dan disajikan dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah merupakan milik sendiri, dan seluruh penulis yang namanya terdapat dalam kepengarangan (authorship) telah memberikan persetujuan naskah ini untuk dipublikasi

     
  2. Naskah tidak terindikasi plagiarisme baik keseluruhan atau sebagian

     

  3. Naskah bebas dari konflik kepentingan

     

  4. Naskah belum pernah dipublikasi atau sedang direviu di jurnal lain

     

 

Copyright Notice

Ketentuan Transfer Hak Cipta

Penulis dalam melakukan submisi secara daring memahami bahwa apabila naskahnya diterima untuk dipublikasi maka hak cipta dari naskah tersebut akan diberikan kepada Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan sebagai penerbit jurnal.

Hak cipta mencakup hak ekslusif untuk mereproduksi dan mendistribusi artikel dalam semua bentuk media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang didaftarkan dalam laman ini hanya digunakan untuk kepentingan penerbitan naskah saja dan tidak akan dibagikan kepada pihak lain.