Workshop “Handmade Kosmetik Berbahan Aktif Laut” oleh PUI Bahan Aktif Laut

Produk hasil workshop PUI

Pada Hari Jumat (14/12) PUI Bahan Aktif Laut berpartisipasi dalam memeriahkan Jambore PUI (12-14 Desember) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kemenristekdikti. Kegiatan ini merupakan bagian dari ekspose lembaga untuk menyebarluaskan kegiatan riset yang dilakukan oleh Lembaga PUI kepada masyarakat luas.

Dalam rangkaian kegiatan ini, PUI Bahan Aktif Laut mengadakan workshop “Handmade Kosmetik Berbahan Aktif Laut”     yang diadakan di Puspitek Serpong, Kegiatan dihadiri oleh 16 orang, yang terdiri dari siswa SMA Victory Plus (Bekasi) beserta guru pendamping, mahasiswa dari berbagai jurusan (Undip, UGM dan UI) serta peneliti (Balai Riset Budidaya Ikan Hias).  Dua tema yang diusung dalam kegiatan workshop ini adalah “Kreasi Sabun dan Scrub Berbahan Spirulina” dan “Pembuatan Serum Karaginan”. Tujuan dari workshop ini adalah untuk memperkenalkan penggunaan bahan alami laut sebagai bahan kosmetik.

Acara diawali dengan pengenalan profil PUI BAL yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Nursid. Pada kesempatan ini, disampaikan mengenai penelitian-penelitian yang dilakukan beserta fasilitas-fasilitas riset yang terdapat di BBRP2B-KP. Acara dilanjutkan dengan presentasi laboratory safety serta tata cara kerja. Penyampaian materi dan praktek pembuatan sabun dan scrub berbahan spirulina disampaikan oleh Dr. Ariyanti Suhita Dewi. Pada kegiatan ini peserta bisa menyaksikan cara pembuatan sabun yang diawali dengan proses pelarutan sabun,  kemudian penambahan zat aditif alami seperti virgin coconut oil (VCO), bubuk Spirulina dan minyak atsiri serta terakhir pencetakan. Pembuatan scrub Spirulina meliputi pencampuran garam dapur halus dengan VCO dan Spirulina, serta pengemasan. Selanjutnya Dr. Ellya Sinurat menyampaikan materi workshop pembuatan serum karageenan dengan memperkenalkan bahan-bahan yang digunakan (karaginan, gliserin, vitamin C, hylomarin, minyak zaitun dan fragrance), formulasi dan  pengemasan produk. Peserta kemudian diberi kesempatan untuk membuat sendiri produk-produk yang telah diperagakan dan membawa pulang hasil kreasi mereka. Kegiatan praktek pembuatan produk ini juga dipandu oleh peneliti dan teknisi PUI Bahan Aktif Laut, Tiara Silva Khatulistiani, Benget Ratuahman Simanjuntak, , Wahyu Widyanto dan Franciscus Edi Priyono. Sedangkan untuk desain label produk dibuat oleh Puguh Aji Murwo Prasetyo.

Kegiatan diakhiri dengan Open House dengan mengunjungi Laboratorium Penelitian PUI Bahan AKTIf Laut di  Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi KP. Pada kesempatan ini  diperkenalkan alat-alat untuk ekstraksi dan identifikasi bahan aktif laut yang dipandu oleh Dr. Muhammad Nursid dan Diah Lestari Ayudiarti, MSi didampingi oleh teknisi Laboratorium Instrumen, Chandra Kencana Ocvitadewi (DSZ).