Tebar Karya IPTEK Pengolahan Aneka Produk Ikan Bandeng yang dilakukan di Kabupaten Majene

Pada Tanggal 26-27 April 2018 telah diselenggarakan Kegiatan Tebar Karya IPTEK Pengolahan Aneka Produk Ikan Bandeng di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2B-KP), Prof. Dr. Hari Eko Irianto, Bupati Kabupaten Majene, Dr. H. Fahmi Massiara, MH., Kepala BAPPEDA Kabupaten Majene Andi Adlina Basharoe, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Majene, Budi Sulistyo.

Dalam sambutanya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan menyampaikan bahwa Kabupaten Majene memiliki potensi kelautan dan perikanan yang besar, namun belum semua dapat dimanfaatkan dengan baik terutama di bidang pegolahan produk. Sementara itu Kepala BBRP2B-KP, mengutarakan bahwa kegiatan Tebar Karya IPTEK Pengolahan Aneka Produk Ikan Bandeng yang dilakukan di Kabupaten Majene sejalan dengan pilar ketiga dari Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan yaitu pilar Kesejahteraan. Diharapkan dari kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi para pengolah produk ikan bandeng yang ada. Bupati Majene dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan upaya dari pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat serta dapat meningkatkan nilai tambah produk ikan bandeng sehingga dapat meningkatkan kesejhteraan ibu-ibu pengolah.

Dalam pelaksanaan Tebar Karya IPTEK tersebut juga dilakukan penandatanganan Perjanjian kerjasama antara BBRP2B-KP dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Majene yang dilakukan oleh Kepala BBRP2B-KP dan Kepala Dinas KP Kabupaten Majene dengan disaksikan oleh Bupati Majene dan Kepala BAPPEDA Kab. Majene.

Tebar Karya IPTEK pengolahan aneka produk ikan Bandeng melibatkan peserta yang terdiri dari ibu-ibu pengolah ikan yang ada serta para penyuluh perikanan yang ada di Kabupaten Majene. Tenaga ahli dari BBRP2B-KP yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Muhamad Darmawan, M.Sc yang memberikan materi terkait penanganan ikan segar serta sanitasi dan hygiene, Dra. Th. Dwi Suryaningrum yang memberikan materi terkait diversifikasi olahan ikan bandeng serta pengemasannya. Instruktur yang berperan dalam praktek pengolahan ikan bandeng dilakukan oleh Dra. Th. Dwi S. dan Asmanah, S.Pi yang memberikan materi pembuatan produk bandeng tanpa duri, amplang bandeng, bandeng tandu crispy, rolade bandeng, otak-otak bandeng, dan bandeng presto.

 

(MD)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.