Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Post Harvest and Biotechnology kembali Terakreditasi sebagai Jurnal Ilmiah Peringkat 2

penyerahan sertifikat akreditasi secara simbolis kepada pengelola jurnal Squalen Buletin dan jurnal lainnya

 

Akreditasi jurnal ilmiah yang dikelola lembaga penelitian, pada awalnya berada di bawah penilaian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), namun berdasarkan Permenristekdikti No. 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah, kewenangan penilaian akreditasi saat ini berada di Kemenristekdikti.

Untuk mensosialisasikan peraturan baru terkait akreditasi jurnal ilmiah tersebut, LIPI bekerja sama dengan Kemenristekdikti mengadakan Sosialisasi Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional (17/7) di Gedung LIPI Jakarta Selatan.

Acara dibuka oleh Kepala LIPI dan dilanjutkan dengan paparan dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Berdasarkan Permenristekdikti No. 9 Tahun 2018 peringkat penilaian akreditasi dibagi menjadi beberapa kategori:
a. peringkat 1 dengan nilai diatas 85 (SINTA Score 1/S1);
b. peringkat 2 dengan nilai 70-85 (SINTA Score 2/S2);
c. peringkat 3 dengan nilai 60-70;
d. peringkat 4 dengan nilai 50-60;
e. peringkat 5 dengan nilai 40-50; dan
f. peringkat 6 dengan nilai 30-40.
Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah ini berlaku untuk masa 5 tahun.

Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Post Harvest and Biotechnology , jurnal ilmiah berbahasa inggris yang dikelola BBRPPBKP, ditetapkan sebagai jurnal ilmiah peringkat 2 dalam penilaian akreditasi yang dilakukan oleh kemenristekdikti. Prestasi ini dinilai cukup membanggakan mengingat masih rendahnya persentase jurnal ilmiah terakreditasi yang berkualitas di Indonesia.

Kepala BBRPPBKP mengapresiasi tim editor Squalen Bulletin atas pencapaian ini, sekaligus mendorong agar secara bertahap meningkatkan reputasinya ke level internasional melalui indeksasi Scopus.

(AB)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.