Sinergitas Bbrp2b Dengan Pstbm-Batan Dalam Aplikasi Teknik Analisis Aktivasi Neutron

Menindaklanjuti rencana kerjasama sinergitas antara Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM)- BATAN dan Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2B), telah diadakan pertemuan lanjutan bertempat di Gedung 43 PSTBM-BATAN. Pertemuan  dihadiri oleh Kepala PSTBM-BATAN, peneliti PSTBM-BATAN dan BBRP2B, serta staf kerjasama BBRP2B dengan agenda pembahasan topik-topik kerjasama potensial.

Pada kesempatan tersebut, Kepala PSTBM-BATAN, Prof. Ridwan, menyampaikan harapan agar pertemuan kali ini dapat menghasilkan topik-topik kerjasama untuk segera dituangkan dalam memorandum of understanding  (MoU) dan diimplementasikan. Kerjasama ini juga diharapkan dapat menghasilkan publikasi-publikasi ilmiah dan populer yang dapat melunturkan stigma ‘menakutkan’ mengenai aplikasi teknologi nuklir yang selama ini dipahami secara parsial oleh masyarakat.

Pada pertemuan tersebut, Tim Kecil PSTBM yang diwakili oleh Bapak Drs. Sutisna, DEA menyampaikan paparan mengenai Karakterisasi Unsur-Unsur Dalam Bahan Pangan Menggunakan Neutron Termal (INAA) dan  Neutron Epitermal (EINAA). Peneliti BBRP2B juga menyampaikan paparan mengenai riset-riset keamanan pangan dan pengolahan produk yang berpotensi untuk disinergikan dengan PSTBM. Disepakati bahwa kerjasama sinergitas yang akan dilakukan adalah penggunaan teknik analisis aktivasi neutron untuk pembuatan daftar komposisi bahan makanan pada produk-produk olahan perikanan milik UKM bimbingan BBRP2B (bidang pengolahan produk), uji validasi metode analisis logam berat dan aplikasi baterai pada sistem RSW/CSW (bidang Keamanan Pangan). Sebagai tindak lanjut, akan disusun perjanjian kerjasama.

(KWA)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.