Sinergi BBRPPBKP dan BBIA menuju hilirisasi riset kelautan dan perikanan

 

Dalam rangka membangun sinergi antar Lembaga PUI, pada hari Jumat, 3 Agustus 2018, BBRP2BKP menerima kunjungan dari Balai Besar Industri Agro (BBIA) di Ruang Rapat Surimi, BBRP2BKP. Pertemuan ini bertujuan untuk menjajaki potensi kerjasama sinergitas antara BBIA dan BBRP2BKP terutama di bidang produksi bahan aktif laut untuk produk pangan, pangan fungsional, kosmetika, dan kesehatan prospektif. Pertemuan dihadiri oleh Kepala BBRP2BKP, Kepala Bidang Pelayanan Teknis dan staf, Kepala Bidang Tata Operasional, serta peneliti BBRP2BKP dan BBIA.

BBIA telah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sejak 2009 dengan fokus kegiatan unggulan adalah hilirisasi produk agro, komponen aktif alami, energi baru dan terbarukan serta jasa layanan teknis. Jenis-jenis layanan teknis yang dimiliki BBIA mencakup pengujian dan kalibrasi, pelatihan, konsultasi, dan jasa layanan teknis. Permintaan pelanggan atas jasa layanan teknis ini sangat tinggi yang berdampak juga pada tingginya penerimaan negara bukan pajak yang mencapai hingga Rp. 27.754.144.009 pada tahun 2016, bertumbuh sebesar 9,03% dari tahun sebelumnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BBRP2BKP juga menyampaikan paparan mengenai BBRP2BKP terkait sejarah institusi, riset-riset unggulan, fasilitas riset dan hasil-hasil riset yang telah dicapai.

Dari pertemuan tersebut, BBRP2BKP melihat potensi kerjasama sinergitas terkait riset fukoidan (pengeringan, uji daya simpan produk dan penyusunan business plan), riset minyak ikan (pemurnian dengan alat sentrifugasi, pengeringan dengan spray dryer, dan penyusunan business plan) dan riset gelatin (pengeringan suhu dingin/AC). Sebagai tindak lanjut, akan diadakan pertemuan lanjutan bertempat di BBIA untuk menetapkan topik kerjasama sinergitas kedua instansi.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.