RAPAT KERJA PENGEMBANGAN PUSAT UNGGULAN IPTEK 2019

Pada tanggal 30-31 Januari 2019, bertempat di Gedung Graha Widya Bakti, kawasan PUSPIPTEK Serpong telah dilaksanakan kegiatan rapat kerja pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI) 2019. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai ajang koordinasi, sinergi dan sinkronisasi bersama terkait rancangan rencana kerja dan penguatan yang mendukung kinerja kelembagaan PUI.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan PUI baik yang berasal dari Lembaga Pemerintah Kementerian (LPK), Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Perguruan tinggi (PT) dan Badan Usaha. Sebanyak 137 perwakilan lembaga PUI hadir dalam kegiatan ini baik PUI yang sudah ditetapkan maupun yang sedang dalam proses pembinaan.  Khususnya dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) diwakili oleh perwakilan dari PUI Bahan Aktif Laut (BAL) dan PUI Pascapanen Perikanan (PP).

Acara rapat kerja ini dibuka oleh Direktur Lembaga Litbang, Kemenristekdikti, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa nantinya pengembangan PUI akan diperluas dalam rangka meningkatkan daya saing pengguna teknologi, baik dunia usaha, industri kecil dan menengah, pemerintah, dan masyarakat. Selain itu juga lembaga litbang harus mampu menghasilkan produk Iptek dan produk inovasi berbasis permintaan pasar. Acara ini juga diisi oleh pemaparan dari beberapa narasumber antara lain dari Tim Assesor KNAPPP, LKPP, DRN, dan JICA.

Selain penajaman rencana kerja pengembangan lembaga, pada kegiatan ini juga dilakukan penjajakan sinergi kegiatan penelitian dengan lembaga PUI lain. Kegiatan sinergi diharapkan dapat mempercepat proses output dari kegiatan baik berupa produk, diseminasi maupun hilirisasi. Salah satu kegiatan sinergi yang akan dilakukan PUI BAL adalah pengembangan bahan aktif laut sebagai produk kosmetika. Sinergi akan dilakukan dengan PUI Perbenihan Laut-BBRBLPP Gondol, PUI Bioprospeksi Laut-P2O LIPI, PUI Industri Agro-BBIA dan PUI Industri Kimia dan Kemasan-BBKK.  Sedangkan PUI Pascapanen akan mengembangkan loin ikan asap dan biomaterial dari rumput laut yang akan bersinergi dengan PUI Teknologi Material Medis-BBPT.

(GP)