PENJAJAKAN KERJASAMA RISET DARI UNIVERSITAS TSUKUBA JEPANG

Pada hari Jumat (1/2) BBRP2BKP mendapat kunjungan dari Prof. Dr. Nakjima Mitsutoshi, Peneliti dan Pengajar di University of Tsukuba, Jepang. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan Kepala BBRP2BKP, Prof. Hari Eko Irianto, pada acara Product Expo PUI Kemenristekdikti tanggal 18 Oktober 2018.

Hadir pada pertemuan ini, Kepala BBRP2BKP, didampingi oleh Penanggung Jawab PUI Pasca Panen sekaligus Ketua Kelompok Penelitian Pengolahan Produk Dr. Subayono, Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Riset BBRP2BKP dan beberapa peneliti. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas peluang kerjasama pemanfaatan rumput laut di Indonesia. Acara diawali dengan presentasi dari Prof. Nakjima. Pada kesempatan ini Prof. Nakjima menyampaikan maksud kedatangannya dan mengharapkan dukungan dari BBRP2BKP untuk dapat berkontribusi pada kegiatan riset yang akan diajukan melalui skema pendanaan SATREPS Jepang dimana rumput laut dipilih menjadi komoditas pilihan pada proposal yang diajukan. Untuk penyempurnaan proposal, Prof. Nakjima mengharapkan ide-ide dan masukan mengenai jenis- jenis rumput yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan rumput laut. Prof. Hari Eko Irianto pada kesempatan ini menyampaikan beberapa jenis rumput laut yang berpotensi dikembangkan selain Eucheuma cottonii, yaitu Ulva sp dan Caulerpa sp.

Pertemuan tersebut menghasilkan komitmen dari kedua belah pihak untuk bekerja sama mengembangkan industri rumput laut Indonesia, sehingga kedepannya bangsa Indonesia tidak hanya berperan sebagai pengekspor bahan baku tapi juga memiliki kemampuan mengembangkan produk berbahan dasar rumput laut untuk komoditi ekspor. Pertemuan ditutup dengan kunjungan ke beberapa fasilitas laboratorium di BBRP2BKP yang sudah terakreditasi.

(SDD/DSZ)