Peneliti Utama Bbrppbkp Terpilih Menjadi Kandidat Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2018

Asesor Jurnal perwakilan LPNK/KL, ditengah adalah salah satu peneliti BBRPBKP (EkowatiChasanah)

 

Sebagai tindak lanjut terbitnya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti telah melaksanakan seleksi dan menetapkan kandidat Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah tahun 2018 untuk mengawal proses akreditasi jurnal ilmiah di Indonesia.

Peneliti Utama BBRPPBKP, Prof. Ekowati Chasanah, merupakan salah satu kandidat asesor yang lolos seleksi dari 88 orang yang terpilih. Sebagian besar berasal dari Perguruan Tinggi, sedangkan untuk Non Perguruan Tinggi diantaranya berasal dari BPPT (1 orang), Badan Litbang Kementerian Pertanian (1 orang), BBRPPBKP-BRSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan (1 orang), Balai Arkeologi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (1 orang), BATAN (2 orang), LIPI (3 orang) dan Badan Litbang Kemeterian Agama (3 orang).

Kandidat Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah terpilih diundang dalam acara “Persamaan Persepsi dan Assesment Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah” yang diselenggarakan pada tanggal 13 – 15 Agustus 2018 di Surabaya. Dalam acara tersebut seluruh kandidat asesor dibekali dengan kebijakan-kebijakan yang terkait dengan proses akreditasi, diantaranya Kebijakan Umum Akreditasi Jurnal Ilmiah, Pedoman Akreditasi dan Pengelolan Jurnal Ilmiah, Penjelasan Kode Etik Asesor serta penjelasan tentang Plagiarisme. Selanjutnya Penyamaan Persepsi Penilaian Artikel dan Manajemen Jurnal Ilmiah dilakukan untuk setiap kelompok disiplin ilmu, yang terbagi menjadi 8 (delapan) kelompok yaitu:
1. Kelompok Bidang Ilmu Sains, Lingkungan, dan Keteknikan
2. Kelompok Bidang Ilmu Kesehatan
3. Kelompok Bidang Ilmu Pendidikan dan Bahasa
4. Kelompok Bidang Ilmu Seni dan Budaya
5. Kelompok Bidang Ilmu Sosial, Ekonomi, dan Bisnis
6. Kelompok Bidang Ilmu Hukum
7. Kelompok Bidang Ilmu Agama, Psikologi, dan Filsafat
8. Kelompok Bidang Manajemen Jurnal Ilmiah.
Berdasarkan hasil diskusi masing-masing kelompok akan disusun pedoman penilaian jurnal untuk asesor sesuai dengan spesifikasi bidang ilmu masing-masing. Detail pedoman penilaian jurnal tersebut akan dituangkan dalam Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah 2018 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti.

Kepala BBRPPBKP, Prof. Hari Eko Irianto, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Prof. Ekowati Chasanah, yang juga menjabat sebagai Chief Editor pada Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Postharvest and Biotechnology . Beliau berharap dengan kompetensinya sebagai asesor akreditasi jurnal ilmiah, Prof. Ekowati dapat mengangkat reputasi jurnal milik BBRPPBKP tersebut ke level internasional.

(AB)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.