Peneliti P3DSPB Berpartisipasi pada Workshop on Food Defense and Chemical Security

Bogor (9/11) – Workshop on Food Defense and Chemical Security dilaksanakan selama 4 hari, Selasa-Jumat  (7-10/11/2016) di Bogor. Acara tersebut digagas oleh Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST)  Center, Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Bagi Indonesia, workshop tersebut penting untuk memperkenalkan Sistem Ketahanan Pangan Indonesia dan pendekatan Keamanan Pangan dari aspek kimiawi untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan maupun kontaminasi bahan kimia pada produk pangan.

Peneliti P3DSPB, Dr. Dwiyitno hadir sebagai wakil dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Acara ini sangat strategis mengingat Indonesia adalah negara yang mempunyai jumlah penduduk besar sehingga  jumlah konsumennya besar pula. Mengingat hal tersebut, aspek keamanan pangan untuk konsumen Indonesia perlu dijamin dan dilindungi. “Cemaran kimia telah menimbulkan kerugian ekonomi maupun kesehatan yg signifikan. Oleh karena itu penting pemahaman dan usaha pengendalian keamanan produk dari bahaya kimia baik yg disengaja maupun tidak’’ jelas Dr. Dwi.
whatsapp-image-2016-11-09-at-11-41-16
Sebagai tindak lanjut, perlu diformulasikan siapa ayangbertanggung jawab (who do what) terkait regulasi, registrasi, monitoring,  edukasi,  eksekusi jaminan keamanan dan ketahanan pangan. Kebijakan pemerintah ditambah aturan hukum dan database yang ilmiah menjadi faktor-faktor kunci. Analisis risiko (risk analysis) yang dilakukan secara ilmiah menjadi alat (tool) penting untuk mengidentifikasi risiko bahaya dari bahan berbahaya serta mencari alternatif solusinya.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor IPB, Bidang Riset dan Kerjasama, Prof. Dr. Anas Misftah Fauzi, bermanfaat bagi regulator (pembuat kebijakan), praktisi industri, akademisi dan masyarakat sipil.

chemical-forum2Peserta workshop ini merupakan perwakilan dari kalangan akademisi/peneliti, perwakilan dari lembaga regulator terkait, seperti dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, perwakilan dari kementerian terkait, Lembaga Ketahanan Nasional, Gabungan Pengusaha Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI), Asosiasi Pengusaha Pengalengan Ikan Indonesia (APIKI), praktisi industri pangan nasional dan lainnya.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.