Peneliti BBRP2B menjadi anggota penyusun Monografi Kosmetik Bahan Alam Indonesia

 

BBRP2BKP, 9 Agustus 2018

Penyusunan Monografi Kosmetik Bahan Alam Indonesia (MKBAI) adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam rangka perlindungan terhadap kesehatan dan keamanan bahan baku kosmetika berbasis bahan alam. Dalam waktu dekat, Kemenkes RI berencana untuk menerbitkan MKBAI dari bahan alam laut baik yang telah maupun yang belum banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetika di Indonesia.

MKBAI memuat data dukung bahan alam sebagai bahan baku kosmetik meliputi jenis/spesies bahan alam, penyebaran bahan alam, kandungan bahan alam yang berkhasiat, kegunaannya dalam kosmetik, cara produksi, cara identifikasi dan data keamanannya. Target pengguna MKBAI adalah perusahaan dan UMKM yang bergerak di bidang kosmetik. Penyusunan MKBAI penting untuk dilakukan sebagai langkah awal menuju kemandirian bahan baku kosmetik nasional. Selama ini, bahan baku kosmetik di Indonesia masih sangat tergantung pada impor, meskipun sumber daya alam nasional melimpah.

Acara penyusunan MKBAI berlangsung di Jakarta pada tanggal 9-10 Agustus 2018 dan dihadiri oleh perwakilan dari perusahaan kosmetik yaitu Dra. Nuning S. Barwa, Apt., MBA (PT Martina Berto), Dra. Dewita Agus, M. Pharm., Apt (PT Mustika Ratu); perwakilan universitas yaitu Dr. Djoko Santosa, SSi, MSi (UGM), Dr. Erna Prawita Setyowati, MSi, Apt. (UGM), Dr. Noorma Rosita, MSi, Apt (Unair); perwakilan BPOM yaitu dari Direktorat Penilain Obat Tradisional Suplemen Makanan dan Kosmetika dan Direktorat Standarisasi Obat Tradisional Suplemen Makanan dan Kosmetika.

Sebagai lembaga yang telah berpengalaman dalam isolasi bahan alam dari laut, BBRP2B diundang sebagai anggota penyusun MKBAI seri Bahan Alam Laut. BBRP2B diharapkan dapat berkontribusi dalam penyusunan MKBAI utamanya terkait informasi produk-produk bahan alam dari rumput laut, mikroalga, invertebrata laut, ikan dan lain-lain. Penyusunan MKBAI dari bahan alam laut merupakan langkah penting dalam mengidentifikasi biodiversitas kekayaan laut di Indonesia dan pemanfaatannya dalam pengembangan kosmetika.

(ASD).

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.