Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) pada Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen dalam upaya pencegahan tindakan dan budaya korupsi melalui pembangunan Zona Integritas menuju WBK /WBBM. Dalam membangun Zona Integritas, BRSDM telah berperan mewujudkannya melalui pembinaan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang melaksanakan pelayanan publik untuk dijadikan unit percontohan dalam rangka mendapatkan predikat WBK/WBBM.

BBRPPBKP menjadi salah satu UPT yang diusulkan BRSDM untuk mendapat predikat WBK/WBBM. Acara Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM pada BBRPPBKP dilaksanakan di Aula Sofyan Ilyas BBRPPBKP (12/4) dengan dihadiri oleh Inspektur Jenderal, Kepala Biro SDM Aparatur, Sekretaris BRSDM, Kepala Pusat Riset Kelautan dan Inspektur I s.d. V Inspektorat Jenderal serta seluruh pegawai BBRPPBKP. Dukungan terhadap pencanangan zona integritas dituangkan dalam papan komitmen bersama yang ditandatangani oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkup BBRPPBKP yang secara simbolis disahkan oleh Inspektur Jenderal, Kepala Biro SDM Aparatur dan Sekretaris BRSDM dalam acara tersebut.

Pencanangan zona integritas tersebut merupakan tahap awal yang harus dijalani BBRPPBKP dalam meraih predikat WBK dan WBBM. Pada tahapan selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh Sekretariat Jenderal untuk menilai kelayakan BBRPPBKP sebagai dasar pengusulan ke Kemenpan RB. Indikator yang digunakan dalam melakukan penilaian adalah Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan, Penguatan Kualitas Pelayanan Publik, Nilai Persepsi Korupsi, Persentase Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan, dan Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan.

Pada tahun 2018 selain BBRPPBKP juga akan dilakukan pencanangan zona integritas pada BPPP Bitung, BPPP Medan, dan Politeknik KP Bitung. Sebelumnya pada tahun 2017 UPT yang diusulkan adalah BRPBAPPP MAROS, SUPM Pontianak, BPPP Tegal, dan BBRBLPP Gondol dan telah mendapatkan sertifikat penetapan sebagai unit kerja berpredikat menuju WBK dari Menteri Kelautan dan Perikanan.

(AB)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.