Partisipasi BBRP2BKP pada Gelar Teknologi Tepat Guna XIII Provinsi Banten

Tangerang, 28/08. Gelar Pameran Teknologi Tepat Guna (Gelar TTG) ke-XIII Tingkat Provinsi Banten Tahun 2017 kembali digelar, bertempat di Lapangan Mardi Gras Citra Raya, Kabupaten Tangerang. Pameran kali ini mengambil tema “Melalui Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG), Kita Gali Kearifan Lokal dan Sumber Daya Lokal untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Pameran diikuti oleh semua SKPD Provinsi Banten, Kabupaten dan Kota Provinsi Banten, Perguruan Tinggi serta perusahaan dan UKM setempat.

Gelar TTG dibuka Kamis, 24, Agustus 2017 dan berlangsung hingga Senin, 28 Agustus 2017. Acara dibuka dengan penekanan tombol bersama oleh Sekda Provinsi Banten, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad selaku tuan rumah.

Dalam sambutannya, Sekda Provinsi Banten, Ranta Suharta menekankan pentingnya teknologi tepat guna yang sangat dibutuhkan masyarakat. Hampir 80 persen, bahan baku dalam penerapan teknologi terapan ini berasal dari desa. “Saya yakin, dengan melakukan riset yang didukung oleh semua pihak, maka dampak inovasi teknologi tepat guna ini langsung dirasakan masyarakat, khususnya di pedesaan,” jelas Ranta. Melalui gelar ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan dan menerapkan teknologi sesuai dengan sumberdaya lokal serta pembinaan langsung oleh pemerintah untuk mengawal teriplementasinya teknologi yang disampaikan.

Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi KP (BBRP2BKP) bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten ikut berpartisipasi dengan menampilkan produk-produk hasil litbang dan alat pengolahan produk perikanan. Kesempatan pameran merupakan salah satu jembatan penyambung antara teknologi dan produk litbang yang dihasilkan dengan masyarakat.

BBRP2BKP menempati booth di Hall A yang merupakan Hall yang diperuntukkan untuk SKPD dan instansi di bawah Pemerintahan Provinsi Banten. BBRP2BKP menampilkan berbagai teknologi tepat guna yang mudah dipahami, diterapkan dan dipelihara oleh para UKM pengolah. Berbagai produk hasil litbang seperti produk olahan rumput laut, bahan aktif dari biota laut, produk olahan hasil samping perikanan mulai dari kitin kitosan, gelatin dan olahan kulit ikan menjadi cinderamata, dompet dan sepatu turut ditampilkan pada acara tersebut. Selain itu, test kit uji cepat (antilin, boraks dan histamin) dan maket alat pengolahan hasil rancangan Balai Besar juga ikut dipamerkan. (SDD).

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.