Partisipasi BBRP2BKP dalam Pameran Festival Membumikan Laut untuk Masa Depan Bangsa

Pameran Festival Membumikan Laut Sebagai Masa Depan Bangsa yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan hasil kerja sama antara KKP dengan Universitas Padjajaran. Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Parkir Utara Graha Sanusi Kampus Unpad, Bandung, pada tanggal 25 s.d. 26 Februari 2019.

Dalam pameran tersebut, seluruh unit kerja eselon I KKP menampilkan sejumlah teknologi dan produk perikanan karya anak bangsa. Selain menampilkan produk-produk hasil olahan dan bioteknologi kelautan dan perikanan, BBRP2BKP juga menyediakan Teh Sargassum yang sudah diseduh / ready to drink untuk dibagikan ke pengunjung pameran. Salah satu peneliti yang menghasilkan produk teh tersebut, Dr. Ellya Sinurat, juga hadir untuk menjelaskan proses pembuatan Teh Sargassum kepada peserta pameran. Teh Sargassum memiliki kandungan nutrisi karbohidrat dan kaya serat pangan serta mengandung polifenol yang mempunyai khasiat sebagai antioksidan.

Dalam kunjungannya ke stand BBRP2BKP, Kepala BRSDM, Prof. Sjarief Widjaja, ikut mencicipi produk Teh Sargassum. Beliau mendorong agar Teh Sargassum dapat segera diproduksi secara massal dan dipasarkan. Saat ini BBRP2BKP sedang melakukan penjajakan ke UKM yang berminat untuk memproduksi massal Teh Sargassum.

Peserta pameran yang mayoritas adalah mahasiwa juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai isu-isu yang dikelola oleh KKP RI melalui kegiatan sharing session yang diisi oleh pakar-pakar di bidangnya. Pada kesempatan itu BBRP2BKP juga melakukan demo Test Kit Antilin sekaligus menjelaskan mengenai bahaya formalin dalam produk makanan hasil perikanan.

Tidak hanya pameran, pada hari selasa (26/2) digelar pula acara Talkshow di Graha Sanusi yang dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Gubernur Jawa Barat, dan Rektor Unpad beserta sejumlah narasumber. Setelah acara Talkshow selesai, Menteri Kelautan dan Perikanan menyempatkan diri untuk berkeliling mengunjungi stan-stan pameran diikuti puluhan mahasiswa dan wartawan. Beliau berharap kegiatan semacam ini dapat membangun kesadaran masyarakat, khususnya generasi millenial untuk melestarikan dan menjadikan sumber daya laut sebagai masa depan bangsa.

(AB/ES)