P3DSPBKP ikut berpartisipasi dalam ACIAR – workshop rumput laut

Makassar (15/3). Workshop pelatihan pengelolaan produksi rumput laut bagi peneliti, pengambil kebijakan, kelompok tani, dan pengusaha sektoral diselenggarakan selama 2 hari, 14 – 16 Maret 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan. .

ACIAR Seaweed Project Initiation Workshop dengan tema “Peningkatan Produksi dan Peluang Pengolahan Rumput Laut di Indonesia” telah di buka resmi oleh Kepala Dinas Kelautan Provinsi Sulawesi Selatan, Sulkaf S. Latief didampingi oleh perwakilan Australia Consulate-General Makassar, University of the Sunshine Coast – ACIAR, Nicholas Paul dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (P3DPSBKP) Jakarta, Nugroho Aji.

Dalam pembukaan ACIAR Seaweed Project, Nugroho Aji menyampaikan bahwa potensi rumput laut dari Indonesia timur yang terbesar ada di Sulawesi selatan serta sangat mendukung program tersebut, karena selama ini rumput laut hanya diekspor sebagai bahan baku, tanpa dilakukan pengolahan lebih lanjut.

Acara ini juga diikuti oleh beberapa lembaga riset di bawah lingkup Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDM) yaitu P3DPSBKP Slipi-Jakarta, Loka Penelitian dan Pengembangan Budidaya Rumput Laut (LPPBRL) Gorontalo dan Balai Budidaya Air Payau (BBAP) Takalar. Dari kalangan asosiasi, 3 perwakilan hadir yaitu Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI), Asosiasi Industri Rumput Laut Indonesia (Astruli) dan Asosiasi Pembudidaya Rumput Laut Indonesia (ASPERLI). Kegiatan tersebut terdiri dari dua sesi, yaitu workshop inisiasi pengembangan rumput laut dan kunjungan lapangan.

Rangkaian workshop juga akan melakukan pertemuan dengan kelompok perempuan pengolah produk rumput laut. Selain itu workshop juga bertujuan untuk menyusun rencana penelitian dan pengembangan secara bersama dengan melibatkan institusi penelitian. (sd)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.