Kunjungan UNIDO Smart-Fish Indonesia dan CEVA France

Pada tanggal 20 Maret 2017 Ex Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (P3DSPBKP) menerima kunjungan dari UNIDO (United Nations Industrial Development Organization) Smart-Fish Indonesia dan CEVA (Centre d’Etude et de Valorisation des Algues) France. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka penjajakan kerjasama tentang pengembangan produk berbasis rumput laut. Program smart fish Indonesia merupakan program yang dilaksanakan bersama-sama oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan UNIDO dalam rangka peningkatan kapasitas ekspor produk-produk perikanan unggulan Indonesia dan salah satunya adalah rumput laut.

Acara penjajakan tersebut dibuka oleh Kepala Ex. Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (P3DSPBKP). Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dari pihak P3DSPKP yang diwakili oleh Dr. Bagus Sediadi Bandol Utomo. Dalam kesempatan tersebut Dr. Bagus Sediadi Bandol Utomo memaparkan tentang hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan serta produk unggulan yang telah dihasilkan oleh Ex P3DSPBKP terkait dengan riset rumput laut. Hasil-hasil penelitian tersebut diantaranya adalah Fukosantin, Fukoidan, papan partikel rumput laut, alginat, semi-refined carragenan, minuman berbasis rumput laut dan produk unggulan hasil olahan rumput laut launnya. Dalam paparannya Dr. Bagus Sediadi Bandol Utomo juga menjelaskan tentang beberapa keberhasilan dan hambatan yang dialami oleh peneliti-peneliti Ex P3DSPBKP dalam melaksanakan penelitian rumput laut Indonesia. Hambatan utama yang dialami oleh ex P3DSPBKP adalah memperkuat jejaring dengan pihak industri untuk memakai teknologi ataupun produk yang telah dihasilkan oleh peneliti Ex P3DSPBKP.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dari pihak CEVA (Centre d’Etude et de Valorisation des Algues). Pada kesempatan tersebut perwakilan dari CEVA memaparkan tentang hal-hal yang sudah dilaksanakan CEVA bersama dengan UNIDO dan KKP dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi rumput laut Indonesia untuk di eskpor terutama ke negara-negara Uni Eropa. Setelah paparan, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi antara peneliti-peneliti Ex P3DSPBKP dengan pihak UNIDO dan CEVA. Diskusi terfokus pada hal-hal yang kemungkinan dapat dijadikan kerjasama oleh antar pihak.

Pada akhir acara peneliti ex P3DSPBKP mengajak pihak CEVA dan UNIDO untuk berkunjung ke Laboratorium Instrumen dan Pilot Plant untuk melihat kapasitas laboratorium yang dimiliki oleh Ex P3DPBKP dalam melakukan penelitian di bidang produk unggulan berbasis rumput laut Indonesia. (Giri)

Dokumentasi Kegiatan

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.