Kunjungan Prof. Nurul Huda Syamsuddin, World Class Professor dari Universitas Sultan Zainal Abidin, Terengganu, Malaysia

Pada hari Jumat, (13/07), Kepala BBRP2BKP menerima kunjungan Dosen Universitas Sultan Zainal Abidin (UniSZA), Terengganu Malaysia, Prof. Dr. Nurul Huda.  Prof. Huda,  yang juga salah satu reviewer di Journal Berbahasa Inggris Squalen Bulletin yang diterbitkan oleh BBRP2BKP, , menyambut baik tawaran Kepala Balai yang pada kesempatan itu didampingi Chief Editor, Prof. Ekowati Chasanah untuk menjadi Section Editor. Squalen Bulletin sendiri saat ini sudah terakreditasi level 2 di Kemenristek Dikti dan dalam proses pengajuan untuk akreditasi Scopus.

Selanjutnya juga dibicarakan kemungkinan kerjasama pendidikan pascasarjana melalui penelitan (by research program) untuk peneliti BBRP2BKP.  Ada 2 sistem yang ditawarkan bagi peneliti yang ingin melanjukan pendidikan di UniSZA, pertama adalah  mahasiswa dapat melakukan penelitian di kantor dan memberikan progress report secara berkala. Mahasiswa hanya datang  ke Universitas untuk melakukan bimbingan pada selang waktu tertentu yang telah disepakati, atau peembimbing yang melakukan kunjungan ke laboratorium tempat mahasiwa melakukan

penelitian untuk melihat kemajuan penelitian. Komunikasi intensif dapat dilakukan via internet baik email, skype maupun aplikasi internet lainnya.  Sistem pendidikan lainnya adalah secara konvensional dengan menjadi Graduate Research Assisten.  Melalui system ini mahasiswa akan terikat kontrak beasiswa untuk menyelesaikan penelitian S2 atau S3 di Universitas secara penuh waktu (full time).  Topik penelitian dapat merupakan usulan dari mahasiwa bersangkutan yang kemudian disempurnakan bersama dan melalui pembimbing, proposal tersebut diajukan untuk mendapatkan dana dari pemerintah Malaysia.

Universitas Sultan Zainal Abidin  berdiri pada tahun 1980 dengan nama Kolej Sultan Zainal Abidin dan pada tahun 2005 Kolej tersebut telah dikembangkan menjadi Universitas penuh.  UniSZA memiliki 12 Fakultas seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Biosumber dan Industri Makanan dan lain-lainnya.  Terdapat juga beberapa Institut untuk kegiatan Penelitian.  UniSZA berlokasi di pantai timur semenanjung Malaysia memiliki 3 kampus yaitu kampus Kuala Terengganu, Kampus Gong Badak dan Kampus Besut.  Prof. Dr. Nurul Huda merupakan dosen dari Fakultas Biosumber dan Industri Makanan, UniSZA.  Informasi lebih lengkap tentang UniSZA dapat dilihat diwebsite  www.unisza.edu.my dan jika memerlukan informasi lebih lengkap data menghubungi langsung Prof. Dr. Nurul Huda melalui email nhuda@unisza.edu.my.  Beliau yang memiliki H-Index Scopus 15 dan H index Google Scholar 23 sangat berminat untuk menjalin kerjasama dengan peneliti BBRP2BKP dan juga membimbing staf-staf muda untuk program S2 dan S3.

 

(DSZ)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.