Kerjasama Pemanfaatan Teknik Nuklir di Bidang Kelautan dan Perikanan

Jakarta (18/04/2018), guna mendorong kerjasama sinergis antar lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI), Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BRP2BKP)-BRSDMKP dan Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM)-BATAN melakukan penjajakan kerjasama pemanfaatan teknik nuklir di bidang kelautan dan perikanan. Pertemuan dilakukan di Kantor BBRP2BKP Slipi-Jakarta antara Kepala BBRP2BKP, Prof. Hari Eko Irianto, dan Kepala PSTBM, Prof. Ridwan. Turut serta dalam pertemuan tersebut  pejabat struktural dan peneliti dari kedua lembaga.

Menurut Prof. Ridwan, salah satu teknik nuklir yang bisa diaplikasikan di bidang kelautan dan perikanan serta berpotensi untuk dikerjasamakan dengan BBRP2BKP  adalah Teknik Analisis Aktivasi Neutron-NAA untuk penentuan unsur secara kuantitatif seperti kandungan nutrisi  maupun kandungan  kontaminan (logam berat) yang berbahaya bagi kesehatan yang terdapat dalam produk kelautan dan perikanan. Teknik ini diharapkan dapat melengkapi metode yang saat ini digunakan oleh peneliti BBRP2BKP dalam mengidentifikasi kandungan kontaminan dalam produk kelautan dan perikanan dengan menggunakan bantuan instrumen ICP-MS dan AAS. Aplikasi teknik NAA juga dapat membantu mengontrol mutu hasil laut, khususnya terkait dengan  keamanan pangan. “Saat ini aplikasi teknologi nuklir masih dianggap menakutkan oleh sebagian masyarakat, padahal banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aplikasi teknologi nuklir  tersebut” ujar Prof. Ridwan.

Pada kesempatan ini Kepala BBRP2BKP, Prof. Hari Eko Irianto, memberikan apresiasi atas capaian hasil riset  yang dilakukan oleh peneliti PSTBM dan menyambut baik rencana senergi kegiatan dan kerjasama antar kedua lembaga yang telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek oleh Kemenristekdikti. Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, Prof. Hari Eko Irianto mengusulkan untuk membentuk  Tim Kecil  yang terdiri Peneliti BBRP2BKP dan Penelti PSTBM yang bertugas merumuskan Rencana Aksi  Jangka Pendek dan Jangka Panjang  terkait pemanfaatan teknik nuklir dalam bidang kelautan dan perikanan.

(ML)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.