Kegiatan Sinergi PUI: Eksplorasi Potensi Ikan Perairan Umum di Sumatera Selatan

 

Pada hari Kamis (09/08/18) Kepala BBRP2BKP menerima kunjungan Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan, Palembang terkait kegiatan sinergi riset PUI. Pada sambutannya, Prof. Hari Eko Irianto mengharapkan agar pertemuan ini dapat digunakan untuk menggali peluang/potensi kerjasama riset sehingga dapat diajukan untuk mendapatkan pembiayaan dari Ristek Dikti.   Selain kegiatan eksplorasi Bahan Aktif Laut, Kepala BBRP2BKP juga mengharapkan agar kegiatan kerjasama  dapat lebih diperluas kearah pemanfaatan ikan-ikan perairan umum untuk Bahan Baku Produk Olahan ikan.

Pada kesempatan ini, Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum dan Penyuluhan Perikanan Palembang mengungkapkan bahwa Perairan Umum mempunyai potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan dimana terdapat kurang lebih 1300 jenis ikan air tawar yang belum dieksplorasi potensinya terutama sebagai sumber albumin yang saat ini banyak dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan.  Eksplorasi ikan sebagai sumber albumin sendiri sudah dilakukan di BBRP2BKP menggunakan sampel ikan laut yang umum terdapat di Tempat Pelelangan Ikan dan beberapa sampel ikan air tawar yang sudah diketahui merupakan ikan yang banyak dikonsumsi untuk kesehatan.

Selanjutnya Dr. Arif Wibowo, SP, M.Si   menyampaikan bahwa  lingkungan perairan asam dan basa yang ada di perairan umum juga masih belum terjamah untuk eksplorasi potensi microorganism.   Pada pertemuan ini disepakati untuk membuat data base mengenai potensi ikan air tawar yang terdapat di Sumatera Selatan dengan mengumpulkan data mengenai nilai gizi, kandungan albumin dan komposisi asam amino dari beberapa ikan air tawar yang ada di Sumatera selatan.

(DSZ)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.