KEGIATAN FOCUS GROUP DISCUSSION: “RISET MARINE DEBRIS DAN CEMARAN PLASTIK PADA PRODUK PERIKANAN”

Pada hari Kamis (29/03/2018) BBRP2BKP Melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD)  dengan tema Marine Debris dan Cemaran Plastik Pada Produk Perikanan. Kegiatan dilaksanakan  bersama  dengan Pusat Riset Kelautan dan Perikanan KKP dan Pusat Penelitian Oceanografi LIPI bertempat di Aula Sofyan Ilyas BBRP2BKP. Kegiatan diawali dengan sambutan dan sekaligus pembukaan oleh Kepala BBRP2BKP Prof. Dr. Hari Eko Irianto dan dilanjutkan dengan pemaparan rencana riset tahun 2018 oleh Dr. Dr. Dwiyitno, peneliti Keamanan pangan dan lingkungan, BBRP2BKP. Dalam paparannya Dr. Dwiyitno menyinggung mengenai pentingnya komunikasi dengan peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis agar tidak terjadi overlaping sehingga menghasilkan kajian yang lebih komprehensif.

FGD dilanjutkan dengan paparan dari peneliti lingkungan dari Pusat Riset Kelautan dan Perikanan,  Dr.-ing. Widodo Setiyo Pranowo, dilanjutkan dengan paparan oleh peneliti Pusat Penelitian Oceanografi-LIPI, Muhammad Reza Cordova, M.Sc dan Dede Falahudin, M.Sc. Pada kesempatan tersebut Dr. Pranowo memaparkan kajian tentang transport organopollutan dan marine debris di perairan laut sedangkan Muhammad Reza Cordova, dan Dede Falahudin memaparkan penelitian yang telah maupun akan dilakukan oleh LIPI tentang microplastic.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh Dr. Singgih Wibowo sebagai moderator. Beberapa hal yang menjadi topik diskusi diantaranya adalah tentang interaksi senyawa microplastic dengan contaminan lain di perairan laut dan dengan biota laut serta mekanisme sharing instrument dan peralatan sampling yang dapat mendukung tercapainya output penelitian yang optimal dari masing-masing instansi. Kegiatan tersebut kemudian ditutup oleh Kepala Bidang Pelayanan Teknis BBRP2BKP yang menyatan bahwa topik penelitian tentang microplastic menjadi topik penelitian yang sedang hangat dibicarakan belakangan ini sehingga kegiatan FGD ini diharapkan dapat menjadi awal sinergitas antar instansi yang menangani topik penelitian microplastic terutama pada biota dan lingkungan perairan.

 

(GRB)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.