Bupati Merauke Buka Acara Tebar Karya Iptek di Lokasi PSKPT

1Disela-sela kesibukan menjalankan tugasnya, Bupati Merauke, Frederikus Gebze, menyempatkan diri membuka acara Tebar Karya Iptek yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (P3DSPBKP), Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, Jumat, 21 Oktober 2016.

Kehadiran Bupati Merauke di dampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Papua, FX Mote, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Merauke, Martha Bayu Wijaya.

Tebar Karya Iptek merupakan salah satu wahana diseminasi hasil penelitian P3DSPBKP kepada stakeholers/masyarakat. Pada tahun 2016 ini lokasi Tebar Karya Iptek dipilih Merauke karena Kabupaten Merauke ditetapkan sebagai Lokasi  Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu di Pulau-Pulau Kecil dan Kawasan Perbatasan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 51/KEPMEN-KP/2016.

2

Dalam acara Tebar Karya Iptek ini, Peneliti P3DSPBKP mendesiminasikan hasil penelitian kepada masyarakat Merauke mengenai penanganan dan pengolahan ikan Gabus Merauke (Gasmer) menjadi produk sari gastor, ikan asin, abon, butterfly, fillet, cookies, tepung, keripik kulit/sirip, kerupuk, gelatin, serta konsentrat protein. Produk-produk ini diharapkan dapat  diadopsi oleh masyarakat guna meningkatkan nilai tambah dan ragam jenis olahan ikan gasmer di Kabupaten Merauke dan sekitarnya. Tentunya ini sejalan program pemerintah dalam meningkatkan gizi masyarakat melalui upaya peningkatan konsumsi ikan. Pada tahun 2017, Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan konsumsi ikan perkapita nasional sebesar 47,12 kg/kap, sementara itu menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Papua, FX Mote, konsumsi ikan perkapita di Papua sebesar 39 kg/kap.

4

“Gasmer ini punya potensi yang luar biasa, kandungan yang dimiliki baik dari minyak, daging dan lainnya sebagainya banyak memberikan khasiat tersendiri. Dibutuhkan ketrampilan orang-orang  yang punya keahlian untuk mengembangkan ini” demikian ujar Bupati Merauke, Frederikus Gebze.

Potensi kelautan dan perikanan harus terus dikembangkan untuk meningkatan sumber pendapatan. Oleh karena itu perlu kerjasama dengan semua pihak baik itu masyarakat, perguruan tinggi maupun pemerintah. Bupati Merauke berharap pada PON 2020 nanti ada produk makanan atau minuman resmi hasil pengembangan dari potensi sumberdaya kelautan dan perikanan di Merauke. (ML)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.