BBRPPBKP Rangkul FPIK-IPB Menuju Marine And Fisheries 4.0

Kolaborasi riset antara Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor (FPIK-IPB) sudah terjalin cukup lama. Untuk mewadahinya, telah dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Prof. Dr. Hari Eko Irianto (Kepala BBRP2BK) dengan Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc (Dekan FPIK-IPB) pada tanggal 10 Juli 2018 bertempat di Ruang Diskusi Senat Lantai 3 FPIK-IPB. Kedua belah pihak bersepakat untuk bekerjasama dalam hal pengembangan riset pasca panen kelautan dan perikanan, termasuk kegiatan penulisan publikasi dan penyusunan proposal bersama, pendampingan dan pembimbingan mahasiswa serta pemanfaatan sarana dan prasarana. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, para Kepala Departemen, professor, guru besar serta staf pengajar di FPIK-IPB, dan Kepala Bidang Pelayanan Teknis BBRP2BKP beserta staf.

Acara dibuka oleh Ketua Departemen Teknologi Hasil Perairan FPIK-IPB, Dr. Eng. Uju yang menyambut baik penandatanganan kerjasama ini dan menyampaikan harapan agar kolaborasi ke depannya akan semakin erat dan baik. Beliau juga menyampaikan sejarah kerjasama antar kedua instansi yang sudah berlangsung cukup lama dalam hal penelitian dan publikasi bersama. Hubungan baik ini terlihat juga dari banyaknya alumni FPIK-IPB yang saat ini menjadi peneliti di BBRP2BKP.

Senada dengan Dr. Eng. Uju, Dekan FPIK-IPB juga menyampaikan harapan agar kerjasama ini dapat menghasilkan output yang bermanfaat dan bernilai kebaruan di bidang kelautan dan perikanan. Mengingat sejarah panjang kolaborasi antar kedua instansi, penandatanganan kerjasama ini tentunya bukan titik awal, namun merupakan upaya memperkuat hubungan kerjasama ke depan. Kerjasama ini juga diharapkan dapat selaras dan mendukung program FPIK-IPB yaitu Marine and Fisheries 4.0 (peningkatan literasi data, teknologi, dan sumberdaya manusia), science to business (untuk menjembatani dunia riset dengan bisnis komersial, salah satunya dengan mengadakan Annual Science-Business Forum) serta diharapkan kerjasama ini dapat menjadi platform untuk berbagi ilmu dan sumberdaya antar kedua instansi.

Prof. Dr. Hari Eko Irianto dalam sambutannya menyampaikan harapan agar kerjasama ini tidak terbatas pada pembimbingan mahasiswa dan publikasi bersama, namun juga dapat dikembangkan ke arah penyusunan proposal bersama untuk pendanaan riset. Pengimplementasian perjanjian kerjasama juga perlu dikawal, sehingga dapat menghasilkan output kerjasama yang nyata dan memberikan kontribusi kepada pengembangan kelautan dan perikanan.

Di samping penandatanganan kerjasama, pada kesempatan tersebut juga diadakan mini workshop yang dihadiri oleh sekitar 30 orang mahasiswa FPIK-IPB. Pembicara pada workshop tersebut adalah Dr. Eng. Uju yang menyampaikan riset-riset yang tengah dilakukan di Departemen Teknologi Hasil Perairan FPIK-IPB dan Prof.Dr. Hari Eko Irianto yang menyampaikan hasil-hasil riset dan juga riset yang sedang dilakukan di BBRP2BKP.

(KWA)

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.