BBRP2BKP sukseskan safari PUI Hakteknas 2017

Palopo, Sulsel (13/7/17). Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HATEKNAS) ke-22 Tahun 2017 yang berpusat di Kota Makasar, Sulsel, turut dimeriahkan dengan menghadirkan berbagai  teknologi yang mudah diadopsi oleh masyarakat. Harteknas akan berlangsung selama sebulan penuh, 11 Juli 2017- 10 Agustus 2017 mengambil tema Bakti Teknologi Untuk Negeri- Safari Pusat Unggulan Iptek 2017 di 24 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan.  BBRP2BKP sebagai salah satu lembaga litbang Pusat Unggulan Iptek (PUI) Bahan Aktif Laut turut berperan serta memperkenalkan teknologi pengolahan produk perikanan dan kelautan. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendayagunakan dan mendesiminasikan teknologi unggulan kepada masyarakat pengguna.

Cukup banyak teknologi tepat guna bidang kelautan dan perikanan yang dapat didiseminasikan kepada masyarakat. Acara safari PUI – Bakti Untuk Negeri yang dilaksanakan di Kabupaten Palopo, BBRP2BKP mendesiminasikan teknologi pembuatan ATG (Alkali Treated Gracillaria), pupuk organik dari rumput laut, dan teknologi pembuatan rumput laut kering tawar, Selasa (12/7/2017). Kegiatan ini melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Palopo, penyuluh, pengolah dan pembudidaya rumput laut serta mahasiswa. Melalui diseminasi ini, masyarakat bisa mengadopsi iptek guna meningkatkan  nilai tambah produk rumput laut.  Hal ini sejalan dengan  Visi dan Misi KKP yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2016, BBRP2BKP-Pusat Riset Kelautan, BRSDMKP-KKP, ditetapkan Pusat Unggulan IPTEK (PUI) berdasarkan  Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 365/M/KPT/2016 dengan Fokus Unggulan Bahan Aktif Laut (metabolit primer dan sekunder), khususnya yang berasal dari rumput laut, teripang, minyak ikan dan mikrobiota laut, untuk produk kesehatan seperti pangan fungsional, suplemen, Obat Herbal Terstandar (OHT), bahan baku kosmetik, lead compound dan produk turunannya serta produk formulasinya.

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.