AKREDITASI JURNAL ONLINE

Era digitalisasi telah merubah tatacara penerbitan berkala ilmiah dari tercetak menjadi elektronik. Terbitan berkala ilmiah berbasis elektronik akan mempermudah dan mempercepat pengelolaan  meliputi pengiriman, penelaahan, penyuntingan, dan penerbitan. Dengan sistem ini diharapkan penyebarluasan hasil penelitian dapat lebih cepat serta dampak ilmiah berupa sitasi dan indeksasi dapat terukur dengan baik.

Perubahan tatacara penerbitan juga berdampak pada sistem akreditasi terbitan berkala ilmiah nasional. Berdasarkan Peraturan Kepala LIPI no 3 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, per 1 April 2016  akan diberlakukan secara efektif sistem akreditasi jurnal nasional (Arjuna) yang merupakan sistem pengelolaan akreditasi terbitan berkala ilmiah nasional secara elektronik.

Berkenaan dengan perubahan sistem tersebut, Pusat Penelitian dan Pengembangan Daya Saing Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Persiapan Akreditasi Jurnal Secara Online (Rabu, 28/12) dengan pembicara adalah Mukhammad Nurul Furqon, S.S., Kepala Subbidang Akreditasi Pusbindiklat LIPI. Acara dihadiri oleh Chief Editor Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Chief Editor Buletin Squalen, redaktur atau editor, redaktur pelaksana dan tim sekretariat penerbitan jurnal dan bulletin squalen P3DSPBKP.

Dalam kesempatan tersebut, Furqon menjelaskan mengenai tata cara penilaian akreditasi secara online, aspek-aspek penilaian, serta strategi untuk pengajuan akreditasi. Beliau juga memberikan masukan terhadap sistem pengelolaan jurnal P3DSPBKP sehingga diharapkan jurnal-jurnal terbitan P3DSPBKP lebih siap untuk pengajuan akreditasi online di masa mendatang. 

Penulis: Sinta

Seo wordpress plugin by www.seowizard.org.