Seminar Nasional

Ikan merupakan sumber protein yang sangat relevan untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis pada kelautan dan perikanan. Dalam perkembangannya, industri pengolahan perikanan terkendala pada beberapa permasalahan seperti kurang optimalnya jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan, tingginya tingkat kehilangan (losses) akibat kualitas bahan baku yang kurang terjaga, serta masih ditemukannya bahan tambahan berbahaya bagi kesehatan manusia dalam penanganan maupun pengolahan ikan, seperti senyawa pengawet, perasa, maupun pewarna yang tidak memenuhi standar kesehatan. Hal-hal tersebut dapat menghambat program Percepatan Industri Perikanan Nasional yang dicanangkan pada tahun 2016 lalu. Sementara itu, pemberlakuan UU No 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal juga menjadi perhatian tersendiri bagi industri pengolahan perikanan.

Peran ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (Iptekin) serta sumber daya manusia (SDM) sangat diperlukan dalam mengawal keberhasilan penciptaan produk kelautan dan perikanan yang sehat, aman dan halal. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan SDM dalam peningkatan mutu produk kelautan dan perikanan dapat diwujudkan dengan menghasilkan teknologi dan inovasi yang memiliki nilai ekonomis yang dapat digunakan oleh pelaku pengolahan hasil perikanan. Oleh karena itu, diperlukan suatu wadah untuk melakukan pertukaran informasi hasil-hasil riset terkini di bidang pengolahan hasil perikanan yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan. Seminar Nasional Hasil Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan serta pameran produk inovasi pengolahan hasil perikanan diharapkan dapat menjadi ajang bagi para peneliti, akademisi, praktisi, penentu kebijakan dan mahasiswa untuk bertukar informasi dan berdiskusi tentang inovasi dan perkembangan teknologi terkini serta pemanfaatannya di bidang pengolahan hasil perikanan pada tahun 2018 dengan tema “Peran Iptekin dan Sumber Daya Manusia dalam penyediaan produk perikanan yang SAH (Sehat, Aman dan Halal)”.

Tema

“Peran Iptek dan Sumber Daya Manusia dalam Penyediaan Produk Perikanan yang SAH (Sehat, Aman dan Halal)”

Ruang Lingkup

    Seminar Nasional Hasil Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan tahun 2018 akan diikuti oleh para peneliti dari lingkungan perguruan tinggi, lembaga riset pemerintah maupun non pemerintah, pengambil kebijakan, dan masyarakat pengguna ilmu pengetahuan dan teknologi pengolahan hasil perikanan. Kegiatan ini akan menyajikan hasil-hasil riset pengolahan hasil perikanan mencakup bidang:

  • Pengolahan dan pengembangan produk kelautan dan perikanan;
  • Keamanan pangan dan lingkungan;
  • Bioteknologi kelautan dan perikanan;
  • Mekanisasi pengolahan hasil perikanan.

16 - 17
Oktober 2018

Jakarta
Indonesia

Pendaftaran
Gratis

Pembicara
Berkompeten

Pembicara Seminar Nasional 2018

Prof. Ir. Sukoso, MSc., PhD

"Menuju Indonesia Wajib Halal 2019"

Ir. Rifky Effendi Hardijanto

"Peluang dan Tantangan Implementasi Jaminan Produk Perikanan Aman, Sehat dan Halal"

Prof. Dr. Bambang Prasetya

"Peran BSN dalam Standarisasi Produk Perikanan yang Sehat, Aman dan Halal"

Dr. Luky Adrianto

"Peran Perguruan Tinggi dalam Penyediaan SDM mendukung Industri Produk Perikanan yang Halal"

Pendaftaran

Waktu dan Tempat

Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan

Jl. KS. Tubun, Petamburan VI Jakarta Pusat 10260

  • Batas Akhir dan Pengumpulan Abstrak : 31 Agustus 2018;
  • Seleksi Abstrak : 3 - 10 September 2018;
  • Pengumuman Hasil Seleksi Abstrak : 12 September 2018;
  • Batas Akhir Pengumpulan makalah lengkap : 28 September 2018.
  • Download

    Seminar Nasional 2018

    Format Makalah

    Galeri Foto